Seleksi Mahasiswa Baru 2015

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS MATARAM
PROGRAM PASCASARJANA

PROGRAM STUDI
MAGISTER PENDIDIKAN
BAHASA INGGRIS

TAHUN AKADEMIK
2015/2016

IJIN PENYELENGGARAAN PROGRAM STUDI
KEPMENDIKBUD RI NOMOR 138/E/O/2012 TANGGAL
24 APRIL 2012

Terakreditasi C berdasarkan Keputusan BAN-PT No 263/SK/BAN-PT/Akred/M/VII/2014 tertanggal 24 Juli 2014 dan sedang mengajukan akreditasi ulang.

Universitas Mataram memiliki akreditasi PT (AIPT) B sesuai dengan Keputusan BAN-PT No 017/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014. tertanggal 16 Januari 2014 dan berlaku sampai tanggal 16 Januari 2019.

Sekretariat:
Gedung B Lt 1 FKIP UNRAM
Jl Majapahit 62 Mataram 83125 Tlp (0370) 623873
Fax (0370) 634918-632010-632011
e-mail: s2bhsinggrisunram@gmail.com

PENDAHULUAN
Era globalisasi dan pasar bebas telah memaksa setiap komponen bangsa untuk mampu beradaptasi dengan mempersiapkan diri secara lebih baik sesuai tuntutan dan perubahan jaman. Dengan kondisi yang demikian, lembaga pendidikan diharapkan dapat menjadi wadah penggemblengan manusia yang berkarater sehingga memiliki seperangkat pengetahuan, kompetensi dan keterampilan agar berdaya guna dalam perubahan jaman yang sangat drastis. Adapun kehadiran PSMP Bahasa Inggris Unram adalah bertujuan meningkatkan kualitas SDM dalam persaingan global di bidang Pendidikan Bahasa Inggris dalam menjawab segala tantangan.
PSMP Bahasa Inggris Universitas Mataram dengan konsentrasi kajian pada bidang kebahasaan, pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris secara berkesinambungan erat kaitannya dengan pengembangan bidang ilmu sebidang di berbagai perguruan tinggi. Pada bidang pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris, program studi ini memberikan kompetensi teoretis dan praktis tentang pembuatan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran secara aktif, efektif, inspiratif, inovatif dan menyenangkan. Program pendidikan seperti ini telah dan tengah berkembang di Macquarie University, Deakin University, Monash University (Australia), Massachussetts State University (USA), dan Lancaster University (UK). Bedanya adalah PSMP Bahasa Inggris Universitas Mataram secara khusus memperhatikan kebutuhan dan kondisi lingkungan peserta didik di kawasan Nusa Tenggara. Selain itu, nilai tambah yang diperoleh peserta didik program studi ini adalah pada aspek kebahasaan.
Dengan sebaran mata kuliah yang dirancang dalam kurikulum sesuai kebutuhan yang berprospek ke masa depan dan mengutamakan kualitas (quality first) serta mengejar kualitas utama (first quality), lulusan PSMP Bahasa Inggris Universitas Mataram mampu bersaing dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris dan studi lanjut ke jenjang S3 (program doktor) di dalam dan di luar negeri.

VISI
Menjadi pusat pengembangan SDM yang unggul dalam pelaksanaan penelitian, pembelajaran, dan publikasi ilmiah dalam bidang bahasa Inggris pada tahun 2025.

MISI
 Menyelenggarakan dan mengembangkan proses pembelajaran yang interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, dan berpusat keadaan dan kebutuhan mahasiswa.
 Mengembangkan pemikiran-pemikiran baru, inovatif dan orisinil dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dan terpublikasi secara nasional dan internasional.
 Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan literasi yang meliputi kemampuan membaca, kemampuan menulis ilmiah, dan kemampuan mengkomunikasikan hasil pemikiran akademik.
 Menghasilkan produk penelitian di bidang kebahasaan, kemasyarakatan, dan pendidikan bahasa Inggris sesuai dengan tuntutan keilmuan, kebutuhan masyarakat dan skala prioritas pembangunan nasional sehingga hasil penelitian tersebut berdaya guna bagi masyarakat ilmiah lokal, regional dan nasional.

TUJUAN
 Menghasilkan lulusan yang bermutu, yaitu tenaga pendidik bidang kebahasaan dan/atau kesastraan yang kreatif, inovatif, integratif, mampu mengembangkan gagasan-gagasan baru dan orisinil bagi perkembangan pendidikan dan pengajaran bahasa, khususnya bahasa Inggris, melalui penelitian dan forum ilmiah, dan mampu menerapkan gagasan-gagasan itu untuk memperbaiki penyelenggaraan pendidikan bahasa dan sastra Inggris.
 Mengembangkan ilmu kebahasaan dan pembelajarannya, khususnya bahasa Inggris, melalui perkuliahan, bimbingan penelitian, diskusi dan forum ilmiah.
 Menghasilkan tenaga profesional di bidang kebahasaan dan pendidikan bahasa Inggris yang mampu rnengembangkan kinerja dan profesionalismenya melalui ketajaman analisis, keserbacakupan dalam tinjauan, keterpaduan dalam pemecahan masalah, dan kejelasan dalam publikasi dan komunikasi ilmiah.

KOMPETENSI LULUSAN

 Memiliki pengetahuan dan keterampilan mengembangkan praktek profesi dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris pada berbagai jenjang pendidikan (SD, SMP, SMA/SMK, dan PT) pada jalur pendidikan formal dan nonformal melalui kegiatan penelitian dan pengabdian dalam rangka untuk menghasilkan karya inovatif dalam bentuk: (a) pengembangan materi pembelajaran bahasa Inggris, (b) identifikasi karakteristik pebelajar, (c) pemilihan pemilihan pendekatan dan strategi pembelajaran yang berpusat pada keadaan dan kebutuhan pebelajar, dan (d) pengelolaan aktivitas pembelajaran yang analitis, interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, dan efektif.
 Mampu menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan pendekatan interdisipliner, multidisipliner dan transdisipliner dalam bentuk: (a) penelitian dan pengembangan strategi untuk menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran bahasa Inggris, (b) praktek pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan belajar pebelajar, c) pemilihan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah-masalah pembelajaran bahasa Inggris, dan (d) diseminasi praktek-praktek baik melalui seminar, lokakarya, diskusi, dan publikasi ilmiah untuk ikut berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan dan perbaikan praktek-praktek pembelajaran bahasa Inggris.
 Memiliki keterampilan untuk merencanakan, melakukan, dan mengembangkan kegiatan penelitian yang berguna bagi masyarakat serta berkontribusi secara signifikan terhadap pengembangan ilmu dan teknologi secara nasional dan internasional melalui kegiatan berikut: (a) pengelolaan penelitian secara profesional untuk mengatasi masalah-masalah yang berhubungan dengan pembelajaran bahasa Inggris, dan (b) Diseminasi hasil-hasil penelitian dalam konteks sosial kelembagaan dalam bentuk seminar maupun publikasi karya ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi.
 Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi baru yang relevan dengan bidang pembelajaran bahasa Inggris melalui penelitian untuk menghasilkan konsep dan teori yang inovatif, original, dan kompetitif;
 Mampu secara mandiri memimpin, mengelola, dan mengembangkan penelitian dan pengembangan dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris secara berkualitas dan diakui secara nasional maupun internasional.
KURIKULUM*

No Nama sks S
1 Linguistics for Education 0

0
2 EAP 0
3 TOEFL Preparation 0
4 Study Skills 0
5 Foundation of Science 2

1
6 ELT Research Methods 2
10 ELT Methods and Strategies 2
11 Syntax for ELT 2
15 Multilingualism and English Language Teaching 2
16 Language, Cognition, and Language Teaching 2
17 SLA Theory for Language Teaching 2
20 Teaching English to Young Learners 2
7 ELT Statistics 2

2
12 Morphology for ELT 2
13 Semantics and Pragmatics for ELT 2
14 Phonetics and Phonology for ELT 2
18 Sociolinguistics and Language Teaching 2
8 ELT Curriculum and Materials Development 2
9 ELT Program Development and Evaluation 2
19 Discourse Analysis and Language Teaching 2
21 Trends and Issues in ELT 2

3
22 Guided Proposal Writing 2
23 Thesis Proposal Writing 2
24 Thesis Proposal Seminar 2
25 Instrument Design and Validation 2
29 ELT Seminar Presentation** 5
26 Guided Thesis Writing 2

4
27 Thesis Writing 10
28 Thesis Seminar 2
30 Academic Journal Publication*** 10
Jumlah 72
* Disusun sesuai Permendiknas No 049/2014
** Dapat ditempuh di setiap semester dan mahasiswa berpartisipasi dalam seminar ELT nasional/internasional
***Dapat ditempuh di setiap semester dan mahasiswa mempublikasikan karya ilmiah di jurnal terakreditasi nasional

BIAYA PENDIDIKAN
Biaya pendaftaran dibayar langsung ke bendahara panitia (Ibu Aranda Sani Putri, SE di Sekretariat Panitia), sedangkan biaya pendidikan lainnya dibayar melalui Rekening Bank Mandiri No 1610000805486 a.n Rektor Universitas Mataram dengan rincian:

KOMPONEN BIAYA
Pendaftaran Rp 500.000,-
Matrikulasi Rp 1.000.000,-
SPP Per Semester Rp 5.000.000,-
SPI (sekali selama kuliah) Rp 3.000.000,-

SYARAT PENDAFTARAN

Peserta mengajukan surat permohonan menjadi calon mahasiswa kepada Ketua PSMP Bahasa Inggris Universitas Mataram dengan melampirkan sbb:

1. Formulir pendaftaran yang telah diisi.
2. Fotokopi sah ijazah S1 Pendidikan Bahasa Inggris atau Sastra Inggris.
3. Fotokopi sah transkrip nilai dengan IPK minimal 2.75 dalam skala 4. IPK lebih rendah dapat melamar dengan melampirkan surat rekomendasi dari atasan tentang keunggulan pengalaman dan kinerja ybs.
4. Fotokopi abstrak dan bab I tesis S1 (jika ada)
5. Surat ijin dari instansi/lembaga (bagi yang sudah bekerja).
6. Surat Keterangan kesehatan.
7. Surat jaminan untuk membayar biaya pendidikan (sendiri atau sponsor).
8. Rekomendasi dari 2 orang staf senior atau atasan langsung.
9. Pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 cm (2 lembar) dan ukuran 4 x 6 cm (2 lembar)
10. Peserta menyerahkan bukti pembayaran uang pendaftaran.

Berkas dibuat dalam rangkap 2 (dua) dimasukkan dalam map.

EMPAT PENDAFTARAN

Sekretariat PSMP Bahasa Inggris, Lt 1 Gedung B FKIP Universitas Mataram Jl Majapahit 62 Mataram-NTB

JADWAL SELEKSI

Pendaftaran 2 Mar – 30 Mei 2015
Tes (TOEFL & TPA) 03 – 06 Juni 2015
Wawancara 8 – 13 Juni 2015
Pengumuman 20 Juni 2015
Daftar Ulang 22 Juni – 31 Juli 2015
Orientasi & Matrikulasi 3-22 Agustus 2015
Pengisian KRS 24-29 Agustus 2015
Kuliah Perdana 1 September 2015
Kuliah Reguler mulai 1 September 2015
Jadwal dapat berubah sesuai keadaan

KALENDER AKADEMIK

Semester Gasal Sep 2015 – Feb 2016
Semester Genap Mar 2016 – Agustus 2017

STAF PENGAJAR*

PSMP Bahasa Inggris Universitas Mataram memiliki 12 orang dosen tetap Unram dan melebihi standar minimal 6 orang seperti yang dipersyaratkan Dikti.
Prof. Drs. Nurachman Hanafi, MAUSYD, Ph.DLa Trobe Kaprodi
Drs. Kamaludin Yusra, MAUMACQ, Ph.DUSYD Sek prodi
Prof. Drs. H. Mahyuni, MAUMACQ, PhDUNIMELB
Drs. H. M. Husni Muadz, MA, PhDU of Arizona
Drs. H. Syahdan, M.EdUMASS, Ph.DU of Arizona
Drs. H. Priyono, MAMICHIGAN STATE U, PhDUMACQ
Ir. I Gde Ekaputra Gunartha, M.Agr, PhDUSYD
Drs. H. Untung Waluyo, MAU of OHIO, PhDUQ
Dra. Hj. Henny Soepriyanti, MAOHIO STATE U PhDUQ
DRUI.H. Sudirman Wilian, MAU of Arizona
DRUNM.M. Amin, M.TESOLUNIMELB
DRUNESA Arifuddin, M.PdUNDIKSA
DRUGM Nuriadi, M.HumUGM

KONTAK PERSONALIA
Kamaludin Yusra, PhD HP 081803769687
Aranda Sani Putri, SE HP 081805756628
Ni Wayan Yudiastini Astuti, S.Pd HP 08175764064
Khamimi Asparina, A.Md HP 081805770980
Tutut Kurniawan, S.Kom Hp 085337799950

PSMP Bahasa Inggris sebagaimana program-program studi lain di Universitas Mataram taat terhadap asas pelaksanaan pendidikan tinggi dan tidak menyelenggarakan pendidikan yang melanggar tata tertib yang berakibat tidak syahnya ijazah.
——————————————————————————
Informasi lebih lanjut dapat ditanyakan pada panitia atau ke e-mail s2bhsinggrisunram@gmail.com

About kyusra

Kamaludin Yusra is a lecturer at the English Department of FKIP Mataram University. His main interest is on language teaching, materials development and the role of language in human life. He is currently working on teaching English to young learners. He is also working on the role of languages on the construction of identities and solidarity among transmigrants on Sumbawa Island.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s